Python : Mengenal Komputer Grafis Dengan Modul Turtle (Pixel)
Modul Turtle adalah fitur pada python berbentuk papan gambar (canvas) yang memungkinkan Anda memerintahkan Turtle (kura-kura) untuk menggambar sesuatu pada canvas. Turtle disini adalah diwakili oleh sebuah objek berbentuk panah dimana bisa digunakan dan berfungsi seperti kura-kura. Bisa diperintahkan untuk maju, kekiri atau kebelakang, yang dapat menggerakkan kura-kura tersebut.
Modul ini biasanya dipergunakan untuk untuk memperkenalkan pemrograman dasar kepada peserta didik serta untuk memperkenalkan mengenai komputer grafis. Saat menggambar pada kanvas dengan menggunakan perintah-perintah yang ada pada modul ini, secara tidak langsung akan mengenalkan konsep PIXEL pada peserta didik.
Sebelum memulai menggunakan dan menjalankan perintah pada Python, langkah pertama adalah mengimport modul Turtle kedalam Python untuk bisa dijalankan pada Python Shell dilanjutkan dengan membuat Kanvas. Adapaun perintahnya adalah...
>>> import turtle
>>> t = turtle.Pen() ----> case senstive
Setelah itu, anda sudah bisa menggunakan semua fungsi atau perintah-perintah yang ada pada modul Turtle tersebut. Sebagai contoh, beberapa perintah yang dapat anda coba adalah...
- >>> t.forward(100) = perintah menggambar sebanyak 100 pixel kearah depan (membentuk garis)
- >>> t.backward(50) = perintah menggambar sebanyak 50 pixel mundur kebelakang (membentuk garis)
- >>> t.left(90) = berputar 90 derajat kearah kiri ATAU
- >>> t.left(270) = berputar 270 derajat kearah kanan (hasilnya sama)
- >>> t.up() = memindahkan pointer (Pena) keatas (tanpa menulis di canvas)
- >>> t.down() = memindahkan pointer (Pena) kebawah (tmenulis kembali di canvas)
- >>> t.reset() = menghapus gambar/objek pada canvas dan pointer kembali keposisi default
- >>> t.clear() = menghapus gambar/objek pada canvas dan posisi pointer tetap
Selamat mencoba!